10 Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman Bagi Anak


Slime adalah cairan lengket dan pekat yang sekilas terlihat seperti lendir. Cairan ini dibuat dalam berbagai macam variasi warna yang cerah dan berwarna-warni. Biasanya slime sering digunakan untuk acara-acara anak, seperti acara ulangtahun atau event-event bertemakan anak.

Meskipun bentuknya aneh dan sedikit menjijikkan, tetapi anak-anak menyukainya. Terutama saat slime tersebut mengguyur badan mereka. Maka keceriaan akan langsung terpancar dari wajah mereka. Nah, membuat ceria anak tidak perlu harus ada event atau menunggu ulang tahun, kapanpun kamu bisa membuatkan slime untuk buah hatimu. Tentunya akan murah dan juga aman, karena tidak mengandung bahan berbahaya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuat slime sendiri. Caranya cukup mudah, bahannya juga mudah di dapat. Setidaknya ada 7 cara membuat slime yang mudah dan aman bagi anak. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini saja.

1. Cara Membuat Slime dari Tepung Kanji

Tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari ketela pohon. Selain mudah didapat dan harganya yang murah, bahan dasar slime yang ini juga sangat aman.

Persiapan dan Bahan

  • Air Bersih 400 ml
  • 2 Gelas Tepung Kanji / tepung tapioka
  • Minyak goreng setengah gelas
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah berukuran sedang. Bersihkan dengan air lalu keringkan.
  2. Masukkan tepung tapioka ke dalam wadah semuanya. Ratakan supaya mudah diuleni.
  3. Tuangkan air bersih secara perlahan-lahan sambil terus diaduk agar adonan tidak menggumpal.
  4. Selanjutnya Masukkan minyak sayur kedalam adonan tadi. Aduk sampai rata dan cek kekentalannya. Jika kurang cair bisa ditambahkan air dan sedikit minyak lagi.
  5. Terakhir, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan slime. Aduk sampai rata.
  6. Masukkan slime ke dalam plastik dan ikat dengan kuat.

2. Cara Membuat Slime dari Lem Povinal

Lem povinal merupakan lem kayu yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji yang sudah dicampur gom. Jika sedag tidak ada tepung kanji, lem povinal juga bisa digunakan sebagai bahan dasar slime.

Persiapan dan Bahan

  • 5 Lem povinal
  • 1/4 gelas air bersih
  • Baking powder / Ragi roti
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah berukuran sedang. Usahakan yang sudah bersih dan kering.
  2. Masukkan lem povinal bersamaan dengan baking powder ke dalam wadah semuanya. Aduk sampai rata semau bahannya.
  3. Sedikit demi sedikit tuangkan air bersih ke dalam adonan sambil terus diaduk. Menambahkannya sedikit-sedikit saja, atur kekentalan sesuai selera.
  4. Masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi. Aduk pelan-pelan sampai warnanya merata. Coba cek lagi apakah kekentalannya cukup atau belum, jika kurang cair bisa ditambahkan air lagi.
  5. Terakhir, masukkan adonan slime kedalam wadah yang tertutup. Diamkan selama setengah jam sebelum dipakai. Biasanya slime akan mengembang lagi setelah itu.

3. Cara Membuat Slime dari Sabun

Jika di rumah ada bebrapa sisa sabun dan deterjen juga bisa dijadikan bahan untuk membuat slime. Kita bisa menggunakan sabun anak, deterjen, dan juga cairan pencuci piring sebagai bahan dasar slime.

Persiapan dan Bahan

  • Deterjen bubuk satu gelas
  • 1 ¼ gelas air bersih
  • Tepung terigu secukupnya
  • 3 sendok makan cairan pencuci piring
  • 3 sendok makan sabun cair anak
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah berukuran sedang yang memiliki penutup di atasnya.
  2. Masukkan deterjen bubuk, tepung terigu, cairan pencuci piring dan juga sabun cair anak. Campur bahan menggunakan pengaduk sampai rata semua bahannya.
  3. Tuangkan air bersih ke dalam adonan sambil terus diaduk sampai rata. Atur tingkat kekentalannya dan sesuaikan selera.
  4. Kemudian masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi. Jangan lupa untuk terus mengaduk perlahan sampai warnanya merata.
  5. Terakhir, tutup dan diamkan adonan slime lalu dinginkan dikulkas sekitar 10-15 menit.

4. Cara Membuat Slime dari Susu Cair

Slime yang terbuat dari bahan dasar susu cair ini bisa dijadikan alternatif untuk slime yang mudah dibuat sekaligus bisa dimakan. Sebab bahan dasarnya memang tidak berbahaya.

Persiapan dan Bahan

  • Sekotak susu cair / Susu kental manis yang ditambah air
  • 1 1/4 sendok makan tepung maizena
  • Bubuk vanili secukupnya
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan panci yang berukuran sedang. Cari saja yang cukup untuk menampung semua bahan tersebut.
  2. Masukkan susu cair ke dalam panci lalu panaskan diatas kompor dengn api kecil. Aduk sampai sedikit panas. Merebus susu bertujuan agar bakteri di dalamnya bisa mati, sebab susu ini nantinya kemunginan akan dimakan. Sehingga perlu steril.
  3. Masukkan bubuk vanili ke dalam adonan sambil terus diaduk.
  4. Selanjutnya tambahkan sedikit-sedikit tepung maizena, lalu aduk sampai merata.
  5. Atur kekentalan sesuai selera, jika dirasa masih kurang, bisa ditambah sedikit tepung maizena.
  6. Setelah adonan mendidih, angkat dan dinginkan adonan.
  7. jika sudah dingin, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi, campur sampai warnanya merata.
  8. Simpan adonan dalam wadah yang tertutup. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung, supaya susu tidak rusak.

5. Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi

Bahan ini sangat cocok digunakan jika acara pesta slime dilakukan secara dadakan. Karena tida ada persiapan, ambil saja bedak bayi yang ada di rumah. Bisa juga dibuat slime lho.

Persiapan dan Bahan

  • Bedak bayi ½-1 botol
  • Air bersih 2 gelas
  • Baby oil 4 sendok makan
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah terbuka yang berukuran sedang. Usahakan yang ada penutup bagian atasnya, bisa toples atau apa pun.
  2. Masukkan bedak bayi ke dalam wadah, ratakan agar mudah di campur.
  3. Masukkan air perlahan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk.
  4. Selanjutnya tambahkan baby oil kedalamnya juga, jangan lupa aduk sampai merata.
  5. Atur kekentalan sesuai selera, jika dirasa masih kurang, bisa ditambah sedikit bedak bayi atau air bersih.
  6. Jangan lupa masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi, campur sampai warnanya merata.
  7. Tutup dan simpan adonan beberapa jam sebelum dipakai.

6. Cara Membuat Slime dari Lem Fox PVAC

Jika menginginkan slime yang kenyal dan stratchy, bahan lem Fox PVAC adalah pilihan yang tepat. Hasil slime berbahan ini sangat bagus. Karena di sini tidak memakai activator, jadi termasuk slime yang aman jika dibuat mainan anak.

Persiapan dan Bahan

  • Lem Fox Putih PVAC 3 sendok makan
  • Air bersih 3 sendok teh
  • Obat tetes mata 8 tetes
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Baby oil 1/4 sendok teh
  • Sabun cair 1/4 sendok teh
  • Pewarna makanan 1 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah terbuka yang bersih dan kering. Boleh toples atau apa pun, kalau bisa yang ada tutupnya. Supaya nanti bisa sekaligus dibuat tempat menyimpan slime yang sudah jadi.
  2. Masukkan lem Fox putih PVAC dan air ke dalam wadah, aduk sampai rata sehingga air menyatu dengan lem. kemudian masukkan baking powder dan campur kembali sampai rata dan padu.
  3. Masukkan obat tetes mata, sabun cair dan pewarna  lalu aduk samai tercampur rata semua bahannya. Dari sini lama kelamaan akan terlihat kenyalnya.
  4. Coba tekan-tekan, kalau belum cukup kenyal dan stratchy, tambahkan sedikit saja obat tetes mata dan juga sabun cair lalu aduk kembali sampai tercampur rata.
  5. Jika sudah cukup kenyal dan stratchy, selanjutnya tambahkan baby oil ke dalam adonan slime tersebut. Jangan lupa aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Jika ingin membuat slime dalam jumlah banyak, tinggal kalikan saja takaran setiap bahannya. Atau bila ingin berekasperimen bisa mengotak-atik takaran dan juga jenis bahannya.
  7. Setelah jadi, letakkan slime tetap di wadahnya lalu tutup dan simpan adonan. Slime seperti ini bisa dipakai bermain anak sewaktu-waktu.

7. Cara Membuat Slime dari Lem UHU

Nah, jika membuat slime yang kenyal dan stratchy menggunakan lem Fox putih PVAC butuh banyak bahan, slime dari lem UHU sebaliknya. Kita hanya membutuhkan dua atau tiga bahan saja. dan hasilnya juga cukup bagus seperti lem Fox putih PVAC.

Persiapan dan Bahan

  • Lem UHU satu buah
  • Sabun cuci piring cair 10 sendok makan
  • Pewarna makanan 1/4 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah terbuka yang bersih dan kering untuk mencampurkan bahan. Kalau yang ada tutupnya malah bagus, sekalian bisa langsung dibuat tempat menyimpan slime yang sudah jadi.
  2. Masukkan lem UHU, pewarna makanan dan sabun cuci piring cair ke dalam wadah. Selanjutnya aduk sampai lem mengental dan terpisah dari sabun cuci piring cair.
  3. Selanjutnya ambil slime jadi tersebut lalu peras dengan tisu kering atau kain kering. Tujuannya supaya cairan lengket dari sabun yang belum tercampur di luar slime bisa hilang. Sehingga tidak mengganggu saat dimainkan.
  4. Coba cek slime dengan menekan-nekan dan menarik-nariknya. Kalau bisa terus kembali berarti slime dari lem uhu sudah jadi dan hasilnya maksimal.
  5. Slime dari lem UHU berbeda dengan slime dari lem fox PVAC. Bedanya slime ini agak silly (kurang begitu strtachy seperti lem fox) tapi warnanya sangat bagus, bening dan glowy. Jadi anak-anak asti suka.
  6. Terkahir, ketika slime tidak dimainkan, simpan dalam wadah yang kering dan tertutup rapat.

8. Cara Membuat Slime dari Lem Fox

Slime yang nantinya dibuat dengan bahan berupa lem fox ini bisa dijadikan alternatif tambahan untuk membuat slime. Langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan kamu bisa langsung mempraktekkannya. Oke langsung saja kita coba membuatnya.

Persiapan dan Bahan

  • Obat tetes mata (merek bebas)/ obat sariawan (merek bebas) secukupnya
  • 3-4 sendok lem fox
  • Deterjen cair atau sabun mandi cair secukupnya
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh (warna bebas, tidak pakai juga tidak masalah)

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan wadah yang berukuran sedang dan bentuknya cekung. Cari yang kira-kira cukup untuk menampung adonan slime nantinya.
  2. Masukkan 3-4 sendok lem Fox ke dalam wadah tadi. Setelah itu masukkan deterjen cair atau sabun cair sedikit saja. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan pewarna ke dalam adonan slime tadi sambil terus diaduk.
  4. Lihat apakah adonan sudah mulai stratchy atau belum. Kalau masih belum, tambahkan sabun cair atau deterjen cairnya lagi. Ingat, sedikit saja sambil terus diaduk.
  5. Jika sudah mulai stratchy, hentikan adukan sebentar, tambahkan beberapa tetes obat sariawan atau obat tetes matanya. Lalu aduk kembali sampai stratchy.

9. Cara Membuat Slime dari Lulur Mandi

Slime ini mungkin masih terdegar asing dan aneh, tapi nyatanya bisa dan sangat mungkin untuk dibuat. Kalau kamu tertarik atau sekedar penasaran, kamu bisa mengikuti langkah membuat slime berikut ini. Langkah-langkahnya cukup mudah, mari langsung saja kita mempraktekkannya.

Persiapan dan Bahan

  • Lulur mandi 1 wadah (merek bebas asal lulur mandi)
  • Masker wajah (merek bebas) cukup 1-2 kemasan sachet saja
  • Deterjen cair atau bisa juga sabun mandi cair secukupnya
  • Obat tetes mata atau obat sariawan (merek bebas) secukupnya
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh (warna bebas, tidak pakai juga tidak jadi masalah)

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan tempat yang berukuran sedang, bentuk cekung, tanpa tutup. Cari yang kira-kira cukup untuk mengaduk seluruh adonan slime yang akan dibuat.
  2. Masukkan semua lulur dan juga bahan masker tadi ke dalam wadah. Setelah itu masukkan sedikit saja deterjen cair atau sabun cair. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit pewarna makanan ke dalam adonan slime tadi sambil terus diaduk.
  4. Perhatikan sejenak, apakah adonan sudah rata atau masih belum. Kalau ternyata sudah rata, coba tambahkan sabun cair atau deterjen cairnya sedikit lagi. Ingat, cuma butuh sedikit saja. Jangan berhenti mengaduk, aduk terus sampai rata.
  5. Jika sudah rata, sekarang kita hanya perlu fokus pada membuat adonan jadi stratchy. Hentikan adukan adonan slime sebentar saja. Tambahkan beberapa tetes obat tetes mata atau obat sariawan (kira-kira 3-5 tetes dulu). Lalu aduk kembali sampai stratchy. Kalau belum stratchy, beri 2-3 tetes lagi lalu aduk sampai stratchy.

10. Cara Membuat Slime dari Hand Body / Body Lotion / Pelembab Kulit

Ka lian pasti pernah mendengar atau sekedar menggunakan lotion bukan. Pernah atau tidak kalian kepikiran bahwa bahan tersebut bisa dibuat slime? Jawabannya sangat bisa dan tentunya sangat mungkin untuk dibuat. Hanya dengan mengikuti langkah membuat slime berikut ini kalian bisa memeroleh slime yang cukup bagus lho. Yup, langsung saja kita praktek.

Persiapan dan Bahan

  • Hand body / body lotion / pelembab kulit 1-2 sendok teh (semua merek bisa, bebas, yang penting jenisnya lotion atau pelembab kulit)
  • Sedikit sabun pembersih wajah perempuan (merek bebas, yang cair, bukan yang jel atau seperti lulur) cukup 1-2 sendok teh saja
  • Sabun cuci cair atau bisa juga sabun mandi yang cair, siappkan secukupnya saja
  • Obat tetes mata atau obat sariawan (mereknya bebas), siapkan secukupnya
  • Lem kertas cair (mereknya bebas, cari yang ada disekitar tempat tinggalmu), siapkan 6-8 sendok makan
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh (warna bebas, tidak pakai juga tidak masalah)

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Siapkan sebuah tempat yang berukuran sedang, berbentuk sedikit cekung, tanpa tutup. Cari yang kira-kira yang enak untuk wadah mengaduk seluruh adonan slime yang akan dibuat berikutnya.
  2. Masukkan semua bahan seperti hand body / body lotion / pelembab kulit dan juga sabun cuci muka cair untuk perempuan tadi ke dalam wadah.
  3. Setelah itu masukkan sedikit sabun cuci cair atau sabun mandi cair. Lalu aduk sampai semua bahan tercampur secara sempurna.
  4. Selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit pewarna makanan ke dalam adonan slime tadi sambil terus diaduk. Tambahkan juga lem kertas cair kedalam adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  5. Jika sudah rata, sekarang tambahkan beberapa tetes obat tetes mata atau obat sariawan (kira-kira 3-5 tetes terlebih dahulu). Kemudian aduk kembali sampai adonan menjadi stratchy. Kalau ternyata belum stratchy, beri lagi 2-3 tetes kemudian aduk sampai slime menjadi stratchy.

959 thoughts on “10 Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman Bagi Anak”

    • Maksudnya lem glukol? Bisa, tapi kalau glukol cenderung cepat kering.
      Akibatnya slime jadi mudah kental dan mengeras kalau disimpan terlalu lama.
      Jadi sangat disarankan pakai lem povinal yang tidak cepat kering.

      Reply
    • Sebenarnya bisa. Tapi kalau mau aman pakai saja pewarna makanan. Kalau alternatifnya, bisa pakai kertas krep yang diperas dalam air, warnanya juga cukup cantik.

      Reply
    • Tidak bisa. Karena lem kayu cenderung cepat kering. Kalau sudah kering, kerasnya luar biasa.
      Selain itu, lem kayu baunya menyengat dan tidak enak. Anak-anak pasti tidak suka. Jadi sebaiknya jangan pakai lem kayu.

      Reply
  1. Kalo pengen buat banyak, tepung kanji nya seberapa???boleh satu bungkus tepung kanji yang kecil???

    Reply
    • Kalau mau dibuat banyak, tinggal lipatkan jumlah takaran dari masing-masing bahannya saja. Bisa dua, tiga, empat atau lima kalinya. Sesuaikan dengan kebutuhan.

      Reply
    • Bisa. Tapi “lem fox putih PVAC” yang botol plastik. Bukan “lem fox yang kuning” kalengan itu.

      Reply
  2. Oke , makasih ya . Tapi ko yang aku buat encer ya ? . Apa perlu ka aku masukin ke frezzer agar g encer?

    Reply
    • Kalau pakai lem povinal airnya dikit aja baking powdernya kasih agak banyak. Kalau bikin slime kental emang rada susah, yang pakai activator slime saja bisa gagal. Activator sendiri sebenarnya bisa diganti dengan obat tetes mata.

      Reply
      • Ga ka bahannya itu ga mesti itu jiga pake lem fox yang putih atau reffil yang beli di tk bangunan sbun cair anak atau dewasa gom atau slime act buatnya ya 1:4 tapi kalo mau Ya 250 ml airnya atau botol cimory sama pewarna kalo pake air boleh tapi jangan lebih banyak dari lemnya

        Reply
      • Ka kan klo kgk ad baby oil bisa pake minyak goreng nah klo boleh tau kemasan minyaknya itu ap ya dan takerannya semana

        Reply
        • Bebas, tidak ada patokan kemasannya apa. Kalau soal takaran, tergantung jumlah bahan slimenya, kalau standar ya samakan saja dengan takaran untuk baby oilnya saja atau beri secukupnya.

          Reply
    • Bisa sih. Tapi bedak gatal sama bedak bayi itu bahannya agak beda. Jadi mungkin hasilnya nggak begitu bagus.

      Reply
    • Begini, slime itu ada dua jenis; slime cair (seperti di nicklodeon kids choice award) dan slime kental/kenyal (biasanya buat mainan ditarik-tarik). Kalau pengin yang slime cair, pakai yang bahan susu.

      Reply
  3. bagus Kak, klo Lem fox aku kok gagal ya , padahal bener lho kak . Apa yang salah ya ? Hasilnya encer banget

    Reply
    • Sebenarnya semua lem kertas bisa. Lem fox bisa tai khusus lem fox putih PVAC saja. Kalau untuk lem fox putih PVAC caranya agak beda dengan yang pakai lem kertas, karena bahannya juga beda.

      Reply
    • Slime yang seperti nicklodeon kids choice award (cair/buat mandi) pakai yang bahan susu. Kalau yang buat mainan (kental dan stratchy) yang hasilnya paling maksimal pakai yang lem fox putih pvac.

      Reply
  4. Kak, kalau gk ada baby oil , trus diganti dengan parfum atau sabun cair itu gk apa ya kak????

    Reply
    • Bisa. Pakai saja sabun cair biasa yang buat orang dewasa. Tapi coba sedikit-sedikit dulu waktu nambahinnya, jangan sampai kebanyakan.

      Reply
    • Sebenernya sih bisa, tapi pakai shampo yang pekat dan kental. Itu pun kadang sering gagal. Jadi kalau rekomendasi sih pakai sabun cair, bisa sabun cair bayi atau sabun cair untuk mandi orang dewasa.

      Reply
    • Gelas kecil biasa yang 200-250 ml, seukuran geas air mineral. Tapi kasih airnya dikit-dikit aja, kalau sudah kental, tidak perlu ditambah air lagi.

      Reply
    • Airnya dikit aja, kalau sudah kental nggak usah dimasukkan semuanya. Intinya sesuaikan banyaknya air dengan jumlah bedaknya. Kalau sedikit, ya sedikit saja.

      Reply
    • Kalau untuk mainan, yang paling bagus nomor 6. Nanti hasilnya mirip seperti clay/malam tapi stratchy, jadi kalau di tarik-tarik nanti kembali ke bentuk awal lagi.

      Reply
    • Maksimal 3-4 jam. Itu pun harus ditaruh di kulkas yang di set dengan suhu 4,5 derajat celsius dan dijauhkan dari bahan makanan yang berbau tajam agar tidak terkontaminasi.

      Reply
  5. Tapi kalau pake lem uhu biasanya keras … Saya sudah pernah coba bikin slime pake lem uhu tapi masih keras.. Gimana ya kak.. Biar gak keras slime itu…

    Reply
    • Lumayan. Tapi cenderung susah mendapatkan hasil slime yang maksimal. Kalau mau maksimal, pakai cara nomor 6.

      Reply
  6. Kalo pake lem glue biasa boleh gak.
    Kok pass aku buat pake terigu kok gak berhasil yaa.kenapa??

    Reply
    • Kalau lem Glue buat lem kertas bisa, tapi kalau lem Glue tembak nggak bisa.
      Disini kita pakai terigu dengan ukuran secukupnya, jadi takaran terigu yang pas itu yang paling susah. Trus cara mengaduknya juga berpengaruh, kalau dari awal tidak rata, biasanya sudah pasti gagal.

      Reply
    • Nah, yang ini yang agak susah. Harus sering coba komposisinya. Coba dulu dengan perbandingan 3:2.

      Reply
    • Slime yang mana? Kalau slime yang lem UHU cenderung tidak tahan lama dan cepat keras. Kalau mau agak bertahan lama, simpan di toples dan di tutup rapat supaya tidak kena udara.

      Reply
  7. 1/4 air putih boleh di ganti sama 1 sendok makan air putih? Soalnya punya ku jd ky bubur gitu

    Reply
    • Boleh. Memang cobanya harus dikit-dikit dulu. Jangan langsung semua. Kalau beberapa sendok sudah jadi ya sisa airnya tidak perlu ditambahkan lagi.

      Reply
  8. Kenapa yg slime dari tepung kanji harus dimasukan ke plastik dan diikat kuat? Untuk apa yaa?

    Reply
    • Memang cukup sulit, terutama saat menakar jumlah terigunya. Kalau sukses nanti jadinya seperti adonan mie basah, bisa stratchy.

      Reply
  9. Kak,aku pakai shampoo tapi malah jadi adonan bukan jadi slime,itu apa yh penyebabnya kok jadinya kya adonan,bukan slime??

    Reply
  10. Kok pakai cara yg pertama malah gagal? Malah jadi encer gitu. Airnya pakai air panas apa air kran?

    Reply
    • Airnya air biasa. Tuang sedikit-sedikit saja, jangan langsung banyak. kalau sudah jadi adonan kalis tidak perlu ditambahkan air lagi.

      Reply
    • Nomor 6 dan 7 yang hasil stratchy nya paling bagus. Nomor 4 cocok untuk acara mandi slime seperti nickleodeon kids choice award.

      Reply
    • Kalau buat penggantinya belum pernah coba yang lain. Tapi kalau untuk yang nomor 7 sebenarnya tanpa baby oil juga bisa jadi, cuma kurang maksimal saja.

      Reply
  11. Kalau lem fox nya gak kasih obat tetes mata bisa gak????
    Kalau gak bisa ada bahan yang bisa ganti obat tetes mata gak???

    Reply
    • Obat tetes mata itu fungsinya sebagai slime activator, yang bikin stratchy. Kalau nggak ada hasilnya kurang maksimal, malah kadang nggak jadi.

      Reply
    • Bisa, tapi hasilnya kurang maksimal. Trus kalau misalnya tidak ada pewarna, tidak usah pakai pewarna juga bisa.

      Reply
    • Wah bisa juga, ya? Setahuku slime activator bisa diganti pakai obat tetes mata. Ilmu baru ini, terimakasih ya.

      Reply
  12. Baby oil ny bisa diganti minyak sayur ya ?
    Aku coba yg pake bedak bayi trs jd kaya adonan itu berhasil atau gagal ya ?

    Reply
    • Bisa, tapi hasilnya kurang maksimal.
      Kalau jadi nanti mirip adonan, tapi cukup stratchy. Kalau gagal biasanya putus-putus.

      Reply
  13. Kak aq kan pernah pakek lem rajawali aq itu membuatnya dgn lem rajawali deterjen bubuk shampo air dan trene untuk mobil hasilnya jga jdi bagus lgi tpi jngan sampai terendam air lma lma

    Reply
    • Bisa ya? Tapi harus pakai trene untuk mobil? wah, ini juga ilmu baru ini. Kalau boleh bisa kasih tutorialnya buat temen-temen lain, nanti di posting di sini.

      Reply
    • Cairan khusus untuk membuat slime jadi stratchy. Di dunia industri dan hiburan banyak yang menggunakan cairan buatan pabrik ini.

      Reply
    • Bisa, hasilnya juga sedikit mendekati yang kanji. Tapi sebaiknya ditambahi sedikit lagi takarannya.

      Reply
    • Selama ini belum pernah coba pakai slime activator. Tapi takaran untuk slime activatornya sebaiknya sedikit saja, satu atau dua tetes dulu, kalau kurang tambah satu atau dua lagi.

      Reply
    • Ya, berguna. Selain maianan ini aman, bermain slime dapat mengaktifkan saraf motorik anak usia 4-7 tahun.

      Reply
  14. kok punya saya ngk jadi sih padahal saya sudah masukin bedak bayi, beby oil, air bersih, kok kyak ngk jadi gini sih

    Reply
    • Slime itu ada dua jenis, slime cair untuk mandi slime dan slime stratchy bisa ditarik-tarik. Kalau mau buat mandi slime pakai yang nomor 4 dan 5. Kalau mau yang stratchy maksimal pakai yang nomor 6 dan 7.

      Reply
    • Hasil masing-masing tentu tidak sama. Kalau mau buat mandi slime pakai yang nomor 4 dan 5. Kalau mau yang stratchy maksimal pakai yang nomor 6 dan 7.

      Reply
  15. Kak kan saya udh masukin bedak bayi nya baby oil air bersih setelah itu bentuk nya jdi kayak cream itu jdi gk sih kak?

    Reply
    • Slime yang bedak bayi memang cair, soalnya buat acara mandi slime kayak di nickleodeon kids choice award.

      Reply
    • Setahuku kalau ingin hasil maksimal harus pakai baby oil. Penggantinya sepertinya belum ketemu yang cocok.

      Reply
  16. Kak mau nanya, aku udah bikin slime dr lem fox, urutannya udah bnr kok kak tapi kok agak encer?

    Reply
  17. Bang adonan pada slime dari tepung kanji yang saya masukan plastik diatasnya ada minyaknya apakah akan jadi slime?

    Reply
    • Kalau adonannya jadi tapi ada minyaknya itu wajar. Tempelkan tisu di permukaannya supaya minyaknya terserap. Sama seperti yang dari lem uhu, nanti slimenya juga ada lengket-lengket sabun cairnya. Tinggal tempel tisu untuk menyerap sabunnya.

      Reply
  18. kak mau nanya kok kalau pake lem fox putih pvac sama obat tetes mata kok encer katanya kalau pake obat tetes mata jadi bagus hasilnya

    Reply
    • Kalau pertama kali coba gagal itu biasa. Sudah pakai semua bahannya? Kalau pengalamanku, seandainya hasilnya masih belum stratchy, yang ditambahkan itu sabun mandi cair, sedikit baby oil dan beberapa tetes obat tetes mata. Oiya, pas bikinnya harus diaduk-aduk terus sampai jadi, jangan didiemin aja.

      Reply
    • Airnya dikit aja. Jangan dimasukkan semua. Bikinnya itu kayak bikin adonan tepung gitu, nanti kalau berhasil jadinya kalis.

      Reply
  19. Beli slime activator dimana ya?
    Sepupuku kan pernah buat slime, nah bahannya itu ada sabun cairnya, gimana y cara buatnya (yg pakai sabun cair)?

    Reply
    • Coba beli di online shop, banyak kok yang jual. Nah, slime activator itu sebenarnya bisa diganti sama obat tetes mata atau alboltyl.

      Reply
    • Jawab pertanyaan kamu yang lain di taruh di sini saja, ya:
      -Kak yg nomer 07 itu ngak pakai air ya? | Pakai tapi sedikiiiit aja.
      -Kak lem UHUnya yg besar atau yg kecil? | Yang kecil aja.
      -Kak boleh pakai sabun cuci sulight? | Boleh. Saya pakainya sunlight.
      -Kak kenapa percobaan nomer tujuh tidak elatis? | Sekali coba gagal itu biasa, saya sampai sekarang kadang juga gagal kok. Coba diatur lagi obat tetes mata sama baby oilnya. Jangan lupa pas bikin diaduk terus.

      Reply
    • Itu lho yang buat mandi bayi, bentuknya bening cair, busanya dikit. Kalau saya pakainya sabun cair bayi cusson baby.

      Reply
    • Airnya jangan dimasukkan semua. Dikit aja. Nanti kalau jadi hasilnya kayak adonan kalis buat kue gitu.

      Reply
  20. Kalau buat slime dari lem povinal,lem povinal nya itu 5 sendok atau lima buah lem povinal?
    Kalau 5 sendok ,5 sdt atau sdm? , kalo 5 buah lem povinal banyak banget dong belinya dan menurut kk slime mana yg lebih bagus ?
    Thx

    Reply
    • Ya nggak harus sama ukuranya. Kalau mau bikin slimenya sedikit ya pakai takaran bahan yang sedikit.Misalkan lem povinal 5 sendok makan, trus takaran bahan lainnya juga sedikit saja.

      Reply
    • Sesuaikan dengan bahan lem povinalnya. Biasanya sedikit saja sudah bisa. Jadi sebaiknya memasukkan bakingnya sedikit-sedikit saja, mulai dari sejumput atau dua jumput dulu.

      Reply
  21. Kak pas aku bikin slime nya pake lem pomvinal dan baking powder malah pas jadi putus putus kak itu gimana?

    Reply
    • Perbandingannya bagaimana? jangan banyak-banyak bakingnya, sedikit saja, sesuaikan dengan jumlah povinal nya.

      Reply
    • Didiamkan dulu, supaya minyak di permukaannya keluar. setelah itu diserap pakai tisu. Kalau jadi, slimenya bakal seperti adonan kalis gitu.

      Reply
    • Belum pernah coba pakai selain baby oil. Kayaknya nggak bisa, soalnya baby oil sama minyak sayur itu beda.

      Reply
  22. Kak aku mau tanya soal nomer 6

    -Kak sabun cairnya merk apa ya?? Kalau misalnya Lifebuoy bisa gk ?

    -Pewarna makanannya itu cair atau bubuk ya kak ?

    Reply
    • -Kak sabun cairnya merk apa ya?? Kalau misalnya Lifebuoy bisa gk ?
      Merek bebas. Boleh lifebouy, citra, atau apa pun.

      -Pewarna makanannya itu cair atau bubuk ya kak ?
      Bebas. Bubuk boleh, cair boleh.

      Reply
      • Belum pernah tahu ada slime yang kayak gitu. Setahuku, itu mainan gelembung tiup yang dijual kemasan pasta kecil, beda dengan slime.

        Reply
  23. Kalau mau buat slime no 3 kalau sdh jadi perlu dimasukin ke freezer atau masukin ke kulkas aja ?

    Reply
    • Gelas biasa, kira-kira isi 200 ml. Tapi untuk air sama minyaknya tuangnya sedikit-sedikit saja. Kalau sudah jadi, air sama minyaknya jangan dimasukkan semuanya.

      Reply
    • Tambahkan komposisi tepungnya. Kalau masih ada lengketnya peras pakai tisu yang tebal, supaya tisunya tidak mudah nyangkut.

      Reply
    • Airnya jangan banyak-banyak. Kasih sedikit-sedikit, kalau sudah jadi kalis jangan dimasukkan lagi.

      Reply
  24. Kak aku buat slime yang pake bedak bayi ,itu harus kental banget atau agak encer dan emang bisa kalo ga pake lem teman terus tunggu berapa jam ka

    Reply
  25. Kok saya bikin nya jadi nya malah kentel yaa?udah di taro di plastik terus di diemin kok masih kentel yaa?

    Reply
  26. alhamdulillah berhasil bikin yg no.6..dr lem fox pvac..bikin 2x ga bs kalis gt..trus dibiarin dlu deh tu smlman..bsok paginy pnasaran..adonan yg msh encer itu ditambahin sabun dkit2 n ngadukny gnti pke sumpit yg tdnya pke sendok..trs mulai kentel deh..tmbhin trs dkit2 n aduk lg..tmbhin tetes matany jg n baby oil dkit2 krn msh lngket…n finally..jadi deh 2 prcobaan yg gagal sblmny..untung ga lgsg dibuang..hehe..makasih ya share cara bkinnya..

    Reply
    • Selamat, mega. 🙂
      Bikin slime memang butuh try and error, tapi puas kalau slimenya udah jadi.
      Kalau sekiranya bermanfaat silakan di share atau direkomendasikan ke temen-temennya. 🙂

      Reply
    • Kalau ngembang, ngembangnya juga nggak begitu kelihatan. Soalnya ppenggunaan pengembang kuenya memang nggak banyak.

      Reply
    • sabun cair = sabun mandi cair. Deterjen = deterjen bubuk. Kalau molto itu pelembut dan pewangi pakaian. Jadi salah bahan.

      Reply
    • Harus pakai ragi kue. Kalau tidak maka slimenya nggak akan jadi. Ragi kue = baking powder = soda kue.

      Reply
  27. Ka..kalo pake tepung kanji..kalo udh selesai kan di ikat diplastik…abis itu di simpam dimana ya??kalopake tepung kanji cara biar jadi kental gimana ya..soalnya bahan bahannya udh di campur semua..tapi masih cair..

    Reply
    • Airnya jangan dimasukkan semuanya, dikit-dikit saja. Trus kalau sudah kalis jangan ditambah air lagi. Kalau slimenya berhasil jadi, nanti adonannya bisa ditarik-tarik tai tidak maksimal.

      Reply
    • Kecil saja sudah cukup. tapi kalau mau diperbanyak juga silakan, bisa langsung pakai yang besar, tinggal lipatkan saja komposisi bahannya.

      Reply
    • Lima sendok makan saja sudah cukup. Tapi kalau masih kurang bisa ditambah lagi. Sesuaikan kebutuhan saja.

      Reply
  28. hy aq udah lihat cara
    bikin nya juga lumayan tpi kurang ditingkatkan cukup bagus tpi yg dari tepung cepat kering trimakasih

    Reply
  29. Bantuanya dong kan aku nyoba pakai lem fox sehabis di campuri bqhannya kan diaduk abis itu apa

    Reply
    • Kalau bahannya sudah dimasukkan semuanya, diaduk terus sampai jadi. Sudah itu saja kok. Kalau seandainya belum jadi tambahkan sedikit lagi obat tetes mata sama baby oilnya.

      Reply
    • Bisa. Dieras itu cuman tambahan aja, karena biasanya masih ada sisa lengket sabunnya. kalau tidak dieras juga tidak masalah.

      Reply
  30. Kok klo dibuat dr bedak bayi jadi cair n encer? Supaya jd kental hrs ditambahkan apa? Thx befor 4 ur info

    Reply
    • Cara yang itu memang untuk bikin slime cair. Jadi memang hasil akhirnya ya cair, yang kayak di acara nickleodeon kids choice award gitu.

      Reply
    • Nggak bisa. Harus pakai. Ragi kue = Baking powder = Soda kue bisa dibeli di toko bahan kue dan makanan.

      Reply
    • Biasanya tidak jadi. Soalnya obat tetes mata itu sebagai pengganti slime activator, yang bikin slime jadi stratchy gitu.

      Reply
    • Bisa asal pakai lem kertas yang cair, ya. Contohnya lem povinal, itu lem kertas cair. Boleh pakai merek lain, caranya sama kok.

      Reply
  31. Saya kan bikin slime yang no.2 udah saya diamkan selama 30 menit tapi kok masih kental gak jadi slime sempurna

    Reply
    • Berarti percobaan pertama masih gagal. Kalau mau yang hasilnya maksimal coba bikin pakai cara no. 6 dan no. 7.

      Reply
    • Kalau baby oil harus pakai. Kalau sabun anak diganti sabun cair dewasa seertinya bisa, cuma hasilnya bakalan beda.

      Reply
  32. Bikin slime dari sabun kok ngk kental2 cair kayak air gitu, emng adukny hingga kental brp lama.

    Reply
  33. Yang bikin pake tepung tapioka sama minyak goreng. Itu nunggu nya berapa lama ya? Kok saya gak jadi2

    Reply
    • Normalnya sih cukup 3-4 jam. Kalau yang ini jadinya nanti kalis. Kalau sejak awal kebanyakan air, pasti tidak jadi. Maka ppas campur airnya dikit=-dikit aja, kalau sudah kalis, jangan dicampur air lagi.

      Reply
    • Bebas. Yang jelas harus susu cair. Bisa susu cair kemasan atau susu kental manis atau susu bubuk yang dibuat cair.

      Reply
    • Memangnya itu jenis lem apa? Baru dengar. Kalau sejenis lem kertas pakai cara membuat slime dari lem povinal. Kalau sejenis lem kayu, pakai cara membuat slime menggunakan lem fox putih PVAC.

      Reply
    • Dicoba saja. Soalnya aku belum pernah pakai gom. Mungkin bisa, cuma kalau pakai gom kayaknya paling cocok lem fox atau lem uhu. Kalau lem glue cair mungkin hasilnya kurang maksimal.

      Reply
  34. Kak aku kan udh buat pke lem fox yg putih itu kok malah kyk kentel kecairan itu ya kira” jadi atau ga?

    Reply
    • Berarti ada yang miss di step-stepnya. Kalau terlalu cair tambahkan tetes mata sama sedikiiiit baby oil. Kalau kekentalan berarti kurang sabun cairnya.

      Reply
    • Sebenarnya sudah sering saya jawab pertanyaan ini di kolom komentar. Kalau cara yang bedak bayi itu memang untuk bikin slime cair, kayak di nickleodeon kids choice award itu.

      Reply
    • Tidak perlu. Tapi syaratnya adonan sukses kalau hasilnya kalis, kalau sejak awal encer berarti gagal.

      Reply
    • Harus pakai. Itu buat ngasih tekstur bumpy-stratchynya ke adonan slimenya. Kalau nggak pakai nanti hasilnya kurang maksimal gitu.

      Reply
    • Belum pernah coba pakai selain baby oil. Soalnya baby oil itu yang bikin slime jadi lebih mulus. Kalau seandainya coba-coba, mungkin pakai aku bakalan coba minyak sayur yang bening (putih).

      Reply
    • Porsi airnya jangan dimasukkan semuanya. Sedikit-sedikit saja. Kalau sudah kalis, jangan ditambah lagi.

      Reply
    • Bisa sih, tapi hasilnya agak beda sama yang pakai sabun bayi. Dan kalau pakai sabun dewasa, pakainya agak lebih sedikit saja.

      Reply
    • Kalau yang susu cair itu untuk slime cair. Itu lho slime yang kayak di nickleodeon kids choice award.

      Reply
    • Tidak ada yang bisa memastikan sesuatu berhasil sesuai rencana, kita cuma bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. 🙂
      Bikin slime itu susah-susah gampang, kalau proses pembuatan dan takarannnya pas pun kadang bisa tidak jadi sempurna. Apa lagi yang masih baru mau coba, pasti ada gagalnya. Saya juga.

      Reply
    • Bukan freezer, tapi kulkas aja. Masukin kulkas supaya slime kalisnya nggak mudah kering aja dan lebih bagus teksturnya.

      Reply
    • Harus pakai, baking powder = ragi kue = soda kue. Murah kok, murah banget malah. Beli aja di toko bahan kue.

      Reply
    • Kalau babay oil harus ada walaupun cuman pakai sedikit, soalnya ntar hasil akhirnya beda sama yang ngga pakai baby oil. Trus kalau GOM bisa diganti pakai obat tetes mata atau albolthyl.

      Reply
    • Mohon maaf sebelumnya. Disini kita nggak bahas yang pakai boraks. Karena yang pakai boraks nggak aman. Takutnya ada dampak buat kesehatan jangka panjang, apalagi buat si kecil.

      Reply
    • Nggak bisa. Baking powder sama tetes mata, dua-duanya harus ada. Kurang satu bahan saja hasil akhirnya bakalan beda.

      Reply
    • Lem serbaguna. Kemasannya kuning, isinya bening gel gitu. Belinya di toko ATK, fotokoian, atau toko material bangunan.

      Reply
    • Setahuku, itu pengaruh dari bahan-bahan yang digunakan. Beda merek bisa menghasilkan hasil akhir pada slime yang berbeda. Khususnya untuk bahan obat tetes mata, sabun mandi cair dan baby oilnya. Sebab tiap produk mempunyai komposisi kandungan bahan yang berbeda-beda.

      Reply
    • Sunsilk itu shampo, beda dengan sabun mandi cair. Kalau mitu baby itu apa? Saya belum pernah dengar.

      Reply
    • Pertanyaan ini termasuk yang udah sering ditanya dan dijawab pula. Intinya sabun cair itu penting untuk membuat tekstur slime jadi bagus, kalau tidak pakai, maka teksturnya kurang bagus. Saya sendiri belum menemukan penggantinya, sebab sabun cair memiliki komposisi paling pas dibanding yang lain.

      Reply
    • Kental. Bahkan jadinya slime stratchy maksimal gitu. Sejauh ini, menurutku, slime yang hasilnya stratchy maksimal itu yang pakai cara nomor 6 dan 7.

      Reply
    • Tidak usah, bisa langsung jadi. Tapi kalau misalnya belum jadi atau kurang sempurna jangan dibuang. Simpan dulu selama 2-3 hari di wadah tertutup atau kedap udara. Biasanya hasilnya akan lebih sempurna.

      Reply
  35. Slime yg pake lem uhu itu maksudnya gimana katanya masukkan lem uhu satu buah pewarna makanan dan sabun cuci piring lalu aduk sampai lem meñgental dan terpisah dari sabun çuci piring cair.aku gak ngerti katanya masukkan lem uhu pewarna makanan dan sabun cuci piring cair tapi setelah diaduk harus terpisah dari sabun cuci piring cair

    Reply
    • Masukkan lem uhu satu pcs. Kalau merasa terlalu banyak, bisa coba satu atau dua sendok makan saja.

      Reply
    • Semua cara di sini biayanya sedikit kok, dan pastinya murah. Kalau paling maksimal ya cara nomor 6 dan 7.

      Reply
    • Boleh saja. Karena butuhnya kan memang tidak banyak, hanya sedikit saja kok. Mereknya juga bebeas, asal sabun cuci piring cair ya.

      Reply
    • Kalu encer tambahkan sedikit obat tetes mata sama baby oilnya. Aduk terus selama pembuatan sampai jadi. Kalau yang terlanjur dibuat jangan dibuang, simpan +- 3 hari biasanya bisa jadi. Banyak kok yang mengalami seperti ini.

      Reply
    • Enggak kok. Asal setelah jadi dan saat sedang tidak dimainkan disimpan di wadah tertutup dan kedap udara.

      Reply
    • Aku sih belum pernah coba. Tapi kalau mau iseng-iseng, coba aja pakai dua-duanya. Kemudian bandingkan hasilnya.

      Reply
    • Lem joyko yang lem kertas, kan? Yang cair bening itu, kan?
      Kalau yang itu bahannya sama seperti lem povinal. Jadi pakai cara yang itu.

      Reply
    • Gak jadi gimana? Cara yang bedak bayi itu untuk slime cair, jadi kalau dibuat nanti jadinya encer. Seperti yang di nickleodeon kids choice award gitu.

      Reply
    • Kalau sukses jadinya nanti kalis. Tergantung penambahan airnya, jadi jangan langsung semuanya. Kalau sudah jadi kalis ya jangan ditambah lagi.

      Reply
    • Sangat bisa. Lem kayu (merek rajawali, dll) itu sama seperti lem fox putih PVAC, jadi pakai cara yang itu, ya.

      Reply
  36. kalau yang bubuh susu tu kene bancuh ke tak yah masa nak buat?kakak yang cantik kena atau tak……..

    bisa gak kalau saya mau bubuh bahan lain selain bahan-bahan itu?

    Reply
  37. Kak cara diatas ada yang bisa buat slime bening/transparan? Lalu cara mana aja yang bisa buat slime kental

    Reply
    • Maksudnya bagaimana? Kalau bahannya lem kertas, pakai cara lem povinal. Kalau pakai bahan sabun pencuci piring cair, pakai cara lem UHU.

      Reply
    • Nggak bisa, harus pakai obat tetes mata. Soalnya itu yang bikin slime jadi stratchy. Oiya, obat tetes mata bisa diganti dengan albolthyl juga kok.

      Reply
  38. Yg no 1 kayaknya salah takaran air y? Bukan 400 kali mgkn 40 ml. Krn hasilny jd encer banget. Ngk kental2.

    Reply
    • Memang harusnya airnya tidak dimasukkan semuanya. Hanya secukunya saja, sedikit-sedikit, kalau sudah kalis, hentikan menambahkan airnya.

      Reply
    • Kalau hanya akai gom saja belum pernah coba. Sebenarnya gom yang dijual botolan besar itu air boraks. Jadi kalau kenyalnya sih sudah pasti, tapi kalau stratchynya belum tahu.

      Reply
  39. Kalau yang nomor 7 ditambah pakai gom atau tetes mata lagi tidak kak? Kalau iya, berapa tetes? Makasih kak

    Reply
    • Sesuaikan dengan selera saja, apakah mau warna yang mencolok (berarti agak banyak) atau yang minimalis (sedikit saja).

      Reply
    • Sabun mandi cair beda dengan baby oil. Kalau sabun mandi cair memang pakai yang untuk orang dewasa. Kalau baby oil ya memang untuk bayi.

      Reply
  40. Kak kalau cara membuat slime yang no 3 pakai sabun itu boleh ga kalau gak pakai tempat yang ada penutupnya??

    Reply
    • Boleh saja. Wadah berpenutup tujuannya supaya mudah untuk menyimpannya saja. Soalnya kalau tidak disimpan, nanti cepat kering.

      Reply
  41. Slime yg pake tepung kanji,setelah adonan jd dimasukkan plastik lalu diikat kuat waktunya berapa lama..

    Reply
    • Kurang tahu, soalnya belum pernah coba. Bisanya saya ganti dengan obat sariawan, albolthyl, atau semacamnya.

      Reply
    • Kalau disimpan di wadah keda udara berenutup rapat bisa tahan sampai lama, sekitar dua bulan lebih. Itu pun kalau sering dimainkan, kalau jarang dimainkan bisa lebih awet lagi.

      Reply
    • Wah, belum ernah cobain tuh, tapi setahuku kalau lem kaca (untuk aquarium) ada dua jenis. Pertama lem putih, yang ini bisa, pakai cara yang